Harga Minyak Melambung Karena Kilang Minyak Arab Saudi Diserang

- Selasa, 22 Maret 2022 | 09:00 WIB
Harga Minyak Melambung  Karena Kilang Minyak Arab Saudi Diserang (Pixabay/jp26jp)
Harga Minyak Melambung Karena Kilang Minyak Arab Saudi Diserang (Pixabay/jp26jp)


Kebaca.com - Produksi di kilang minyak Arab Saudi di Yanbu sudah diserang pesawat tidak berawak semalam yang diklaim oleh kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman. Mengakibatkan harga minyak dunia terdorong pada perdagangan hari ini.

Pada Senin (21/3/2022) jam 14.55 WIB harga minyak mentah tipe Brent terdaftar US$ 111,85/barel, naik 3,63% dibanding dengan status tempo hari. Sementara minyak tipe light sweet terdaftar US$ 108,85/barel, melejit 3,96%.

Baca Juga: Rusia Diduga Menggunakan Senjata Mematikan Bom Vakum Termobarik di Ukraina

Kelompok Houthi Yaman yang bersekutu dengan Iran menembakkan rudal dan pesawat tak berawak ke sarana desalinasi energi dan air Saudi. 

Hal ini mengakibatkan penurunan sementara produksi di kilang berdasar laporan Kementerian Energi Saudi dan media pemerintah, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Rusia Menemukan 30 Laboratorium Senjata Biologis AS di Ukraina

Serangan drone menghantam terminal distribusi produk minyak bumi di wilayah Jizan selatan, pabrik gas alam, dan kilang Yasref di pelabuhan Laut Merah Yanbu.

"Serangan terhadap fasilitas Yasref telah menyebabkan pengurangan sementara dalam produksi kilang, yang akan dikompensasikan dari persediaan," kata kementerian itu dalam suatu pengakuan.

Sebagai informasi, Yasref ialah singkatan dari Yanbu Aramco Sinopec Refining Co., perusahaan patungan di antara Saudi Aramco dan China Petrochemical Corporation (Sinopec), menurut situs web kilang.

Baca Juga: Membalas Sanksi dari Negara Barat Pemerintah Rusia akan Menyita Aset Milik Warga Asing

Halaman:

Editor: Yayah Hifziyah

Tags

Terkini

X