• Kamis, 29 September 2022

Publik Masih Menanti Siapa Bjorka Sebenarnya?

- Kamis, 15 September 2022 | 06:30 WIB
Ilustrasi Peretas
Ilustrasi Peretas

Kebaca.com - Hacker Bjorka dalam beberapa waktu belakangan ini berhasil menyita perhatian publik dari kasus Ferdy Sambo. Bjorka berani membuka rahasia beberapa pejabat negara dan juga data masyarakat Indonesia. Meskipun, hingga saat ini belum diketahui apa motif dari peretasan tersebut. Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan bahwa Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) sudah mengetahui identitas Bjorka.

“Sampai sekarang ini, memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh Badan Intelijen Negara dan Polri,” kata Mahfud MD, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Inilah Sosok Pembunuh Aktivis HAM Munir Menurut Bjorka dan Kronologi Kasusnya

Meskipun demikian, Mahfud mengatakan juga bahwa identitas Bjorka ini belum bisa ditampilkan kepada publik. Hal itu tentu saja semakin membuat penasaran beberapa pihak, termasuk selebritis Pandji Pragiwaksono yang ikut menduga bahwa Bjorka adalah peretas asal Indonesia.

Cuitan yang diunggah oleh Pandji tersebut menuai beberapa tanggapan pro dan juga kontra. Ada yang berkomentar bahwa Bjorka hanyalah anak kecil yang ingin unjuk kemampuan dengan memberikan data yang sebenarnya sudah ada di mesin pencari Google.

Ada pula yang ikut mengomentari bahwa dengan hadirnya Bjorka ini justru memberikan tanda tanya besar terhadap sistem keamanan data di Indonesia. Pasalnya, beberapa pihak terlihat seperti kebakaran jenggot begitu ada informasi mengenai data rahasia publik yang disebarluaskan oleh Bjorka ini. Ada pula yang menganggap Bjorka ini sebagai pengalihan isu atas kenaikan harga BBM dan juga kasus Ferdy Sambo.

Pendapat lain justru diutarakan oleh Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar yang mengatakan bahwa Indonesia sedang mengalami kondisi darurat teknologi informasi. 

Baca Juga: Bjorka Berhasil Meretas Data Penting, Netizen: Semudah Itukah?

“Ini darurat teknologi yang harus ditangani secara cepat. Saya kira tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, mari kita bahu-membahu, semua masyarakat harus melawan kebocoran data ini.” kata Muhaimin seperti yang dikutip dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Muchtar Latief

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X