Profil Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma, yang Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:54 WIB
Lieus Sungkharisma meninggal dunia.  (YouTube Lieus Sungkharisma Official)
Lieus Sungkharisma meninggal dunia. (YouTube Lieus Sungkharisma Official)

Kebaca.com - Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma dikabarkan meninggal dunia karena mengalami sakit jantung. Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania Immanuel Ebenezer atau Noel.

Immanuel Ebenezer merasa sedih mendengar kabar kepergian Lieus. Meskipun memiliki pandangan politik yang berbeda, pria yang kerap disapa Noel itu menganggap pria kelahiran Cianjur ini sebagai seorang sahabat.

Dia dan juga mendiang telah memberikan dukungan pada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Namun, Lieus beralih dan mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Pilpres 2019. Dia juga dipercaya untuk menjadi juru kampanye Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo-Sandi.

Baca Juga: Aktivis yang Pernah Dukung Jokowi dan Prabowo Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia

Biodata Lieus Sungkharisma

Bernama asli Li Xue Xiung, Lieus Sungkharisma adalah seorang aktivis Tionghoa berasal dari Cianjur yang lahir pada 11 Oktober 1959. Selama perjalanannya, ia telah berhasil menjabat berbagai posisi penting di organisasi dan partai politik.

Dia diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (Parti) dan Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabuddhi) pada tahun 1985.

Setahun setelahnya ia dipercaya menjadi Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) untuk masa 1986-1991 dan juga Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) dan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Kemudian juga, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum dari Multi Culture Society serta Wakil Presiden The World Peace Committee.

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tips Sebelum Membeli Sepeda Motor Bekas

Sabtu, 28 Januari 2023 | 19:39 WIB

Ucapan Hari Imlek yang Paling Populer

Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:21 WIB

Awas! Ada 5 Pantangan Imlek yang Harus Dihindari

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:09 WIB
X