• Sabtu, 10 Desember 2022

8 Manfaat Minum Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

- Jumat, 4 Maret 2022 | 07:30 WIB
Manfaat Minum Alkohol untuk Kesehatan Tubuh. (Source: Pixabay)
Manfaat Minum Alkohol untuk Kesehatan Tubuh. (Source: Pixabay)

Ketika mendengar minuman beralkohol, kita semua mungkin sepakat bahwa ini akan membahayakan tubuh. Tetapi, rupanya ada beberapa manfaat alkohol untuk kesehatan lho! Asal minum seperlunya. Bila kebanyakan, alkohol akan mengacaukan penyerapan berbagai jenis vitamin pada tubuh. Karena itu beberapa asosiasi kesehatan dunia memberi batas saran mengkonsumsi minuman mengandung alkohol sekurang-kurangnya 1-2 gelas. Lalu apa sih manfaat minum alkohol untuk kesehatan tubuh?

1. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Manfaat minum alkohol yang pertama bisa sehatkan jantung Anda. Riset yang sudah dilakukan oleh European Heart Journal mengatakan jika konsumsi alkohol dengan jumlah yang sama sesuai saran akan mengakibatkan arteri jantung berdilatasi dan memperlancar saluran darah ke jantung. Sehingga sumbatan atau gumpalan darah di pembuluh jantung bisa menurun.

2. Kandungan Kolesterol Baik Meningkat

Beberapa macam minuman anggur yang memakai tambahan buah dikatakan sanggup menambah kadar HDL atau kolesterol baik pada tubuh. Ini akan melindungi pembuluh darah jantung hingga bagus untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah Adanya Kanker

Karena senyawa fenol, manfaat minum alkohol bisa berperan sebagai antioksidan yang sanggup menahan kolesterol jahat (LDL) teroksidasi, yang menghancurkan peranan pembuluh darah jantung. Disamping itu senyawa fenol ini sanggup kurangi resiko kanker dan menurunkan perkembangan sel kanker payudara.

4. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Mencegah diabetes. (Source: Pixabay)

Manfaat minum alkohol rupanya bisa mencegah terkena diabetes. Sebuah riset pada tahun 2005 yang dipublikasikan oleh Diabetes Care, mendapati jika minum alkohol dengan jumlah sedang sampai segelas setiap hari untuk wanita, dan 2 gelas setiap hari untuk pria, bisa membantu kurangi risiko diabetes tipe 2 sampai 30%.

Alkohol bisa menambahkan kandungan hormon yang selanjutnya menambah sensitivitas insulin. Tubuh Anda lebih gampang mengolah glukosa dan memakainya sebagai energi. Keadaan ini membantu mengurangi kandungan gula pada darah dan pada akhirnya mengurangi resiko terserang diabetes.

5. Menghindari Gangguan Kognitif

Beberapa penelitian dari Loyola University mendapati jika manfaat minum alkohol dengan jumlah sedang atau moderat, bisa turunkan risiko masalah kognitif, penyakit Alzheimer dan demensia sebanyak 23%.

Beberapa peneliti berhipotesis, minum dengan jumlah sedang tingkatkan kolesterol baik, ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

Halaman:

Editor: Mas Bro

Tags

Terkini

Viral di TikTok, Begini yang Dimaksud Body Count

Kamis, 10 November 2022 | 22:00 WIB

Yoga Dan Manfaatnya Bagi Penderita Diabetes

Senin, 10 Oktober 2022 | 09:50 WIB

Terpopuler

X