• Sabtu, 10 Desember 2022

Ragam Gangguan Bipolar Perusak Mood. Cek Penjelasannya Disini

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 20:16 WIB
Ilustrasi jenis-jenis bipolar. (Pixabay.com/geralt)
Ilustrasi jenis-jenis bipolar. (Pixabay.com/geralt)

Kebaca.com - Agar lebih peduli pada masalah kejiwaan, memahami beberapa jenis bipolar perlu untuk kita ketahui. Menaruh perhatian pada kondisi kejiwaan ini menjadi sebuah hal yang penting.

Bipolar adalah satu dari antara masalah kejiwaan dengan gangguan mood yang ekstrem sebagai tanda perubahaannya. Gangguan Perubahan tersebut dapat berupa depresi sedih terlalu berlebihan serta manik sebuah kegirangan berlebihan yang bergantian terjadi tanpa disadari.

Baca Juga: Meski Liga 1 Dihentikan, Persija Jakarta Bakal Punya Bus Baru Nan Canggih. Begini Bocorannya

Pengidap kondisi bipolar punya episode emosi di waktu-waktu tertentu dengan sangat intens. Dia dapat merasa episode mood berbeda-beda, berupa manik, depresif, lalu hipomanik dengan bergantian. Suasana hati yang berubah tersebut bisa memengaruhi tidur, aktivitas, penilaian, energi, perilaku, hingga kejernihan dalam kemampuan berpikir.

Gangguan bipolar yang juga sering disebut bipolar disorder merupakan kumpulan episode yang berlangsung lama hingga beberapa bulan. Bila episode gangguan mood sedang tidak berlangsung, para pengidapnya telihat pada kondisi normal.

Gejala-gejala bipolar yang sering tampak antaranya ramah, suasana hati terlalu ceria, mudah tersinggung, energi tanpa batas. Kemudian tampak juga beberapa perilaku merusak diri sendiri, impulsif, bicara cepat, dan pikiran melompat-lompat.

Baca Juga: Iphone 14 Pro dan Iphone 14 Promax Hadir dengan Warna yang Digilai Para Kaum Ladies, Ayo Lihat!

Ada beberapa ragam gangguan bipolar, dan berikut jenis-jenisnya seperti yang dikutip Kebaca.com dari Klikdokter, Selasa (12/10).

 

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Sumber: Klikdokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral di TikTok, Begini yang Dimaksud Body Count

Kamis, 10 November 2022 | 22:00 WIB

Yoga Dan Manfaatnya Bagi Penderita Diabetes

Senin, 10 Oktober 2022 | 09:50 WIB

Terpopuler

X