10 Mitos dalam Imlek, Dari Bercerita Tentang Hantu Hingga Bagi-Bagi Angpau

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:59 WIB
Kartu ucapan hari raya Imlek. (Pixabay.com/ignartonosbg)
Kartu ucapan hari raya Imlek. (Pixabay.com/ignartonosbg)

Kebaca.com - Imlek merupakan Tahun Baru yang dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa. Pada saat merayakan Imlek, banyak mitos yang masih diyakini.

Mitos adalah sesuatu yang biasanya dipercaya sebagian orang dan digunakan untuk menakut-nakuti, memberi peringatan atau diceritakan turun temurun.

Kutipan tersebut diambil dari makalah berjudul Mitos Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek yang disusun oleh Jepriyanti Br Tambunan, Sridevi Hutauruk, Zeco Hamos Sianno Pardede dari Program Studi Sastra China Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Semua mitos yang tersebar di dunia ini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Begitu juga dengan mitos-mitos yang disertakan dalam perayaan Imlek.

Baca Juga: Imlek Identik dengan Warna Merah dan Kuning Emas? Begini Penjelasannya

1. Jangan Bercerita Tentang Hantu

Cerita mistis biasanya dihubungkan dengan kematian. Kalau diingkari, pelanggaran tersebut dapat membuat si pembuat merasa terhantui oleh setan atau debt collector.

Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, apa yang terjadi pada malam tahun baru akan mengungkapkan prediksi tentang nasib sepanjang tahun yang akan datang.

 

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X