Bagaimana Hukum Mengucapkan Selamat Imlek Dalam Islam? Buya Yahya Memberi Penjelasan

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:35 WIB
Buya Yahya menjelaskan hukum mengucapkan selamat Imlek.  (Tangkapan layar Al Bahjah Foundation)
Buya Yahya menjelaskan hukum mengucapkan selamat Imlek. (Tangkapan layar Al Bahjah Foundation)

Kebaca.com - Masyarakat Tionghoa akan menyambut Imlek atau lebih dikenal sebagai Tahun Baru China pada Minggu, 22 Januari 2023. Bagi Etnis Tionghoa, perayaan Imlek merupakan salah satu hari istimewa di antara mereka yang sama dengan hari raya atau lebaran dalam taqwa Islam.

Untuk umat Muslim, baik perkataan maupun tindakan pasti ada aturan yang harus diikuti. Ini juga berlaku ketika kita mengucapkan selamat untuk semua perayaan agama dan keyakinan lain, misalnya “Selamat Imlek”.

Pertanyaan tentang apakah umat Islam diperbolehkan untuk mengucapkan selamat Imlek seringkali menimbulkan perdebatan. Hal ini terjadi ketika salah satu jamaah bertanya saat mengikuti kajian yang disampaikan oleh Buya Yahya yang disiarkan melalui kanal YouTube Al-Bahjah dan dikutip Kebaca.com.

Baca Juga: Ucapan Hari Imlek yang Paling Populer

“Buya, bagaimana hukumnya mengucapkan tahun baru China di sosial media atas perintah atasan, apabila tidak diperbolehkan bagaimana cara menolaknya?” ujarnya.

Pada awal tausiah, Ustadz Yahya menekankan bahwa ada dua jenis perintah, yaitu himbauan dan wajib.

Namun, ada juga jenis perintah lain yang wajib untuk tidak dilakukan jika mengandung unsur haram. Maka, bagaimanakah seharusnya kita menyikapi ucapan selamat Imlek dalam Islam?

Baca Juga: Cara dan Tradisi Merayakan Imlek di Berbagai Negara, Dari Malaysia Hingga Korea

Terkait dengan Syiar

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Sumber: YouTube Al-Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X