• Sabtu, 10 Desember 2022

Setelah Tunjuk Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, FIFA Dapat Cuan Sampai Segini

- Rabu, 23 November 2022 | 15:00 WIB
Piala Dunia 2022 di Qatar.  (Twitter @FIFAWorldCup)
Piala Dunia 2022 di Qatar. (Twitter @FIFAWorldCup)

Kebaca.com - FIFA telah meningkatkan pendapatan Piala Dunia lebih dari 1 miliar Dollar AS setelah membawa turnamen ke Qatar.

Gianni Infantino berbagi informasi mengenai rekor pendapatan organisasinya pada hari Minggu lalu (20/11).

Pendapatan yang dihasilkan oleh siklus empat tahun Piala Dunia di Qatar (dari 2018 hingga 2022, termasuk tambahan lima bulan karena jadwal musim dingin) akan mencapai 7,5 miliar Dollar AS, dibandingkan dengan 6,4 miliar Dollar AS untuk siklus sebelumnya di Rusia.

Dengan kesepakatan hak siar televisi yang disepakati satu dekade lalu, sejumlah media mendapat info bahwa sebagian besar peningkatan telah diciptakan oleh peningkatan sponsor baru-baru ini dan ada juga pengurangan biaya karena sifat turnamen yang compact.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Potret Tempat Menginap Para Fans yang Bernilai Rp3,2 Jutaan Per Malam

Sponsor telah didorong oleh serangkaian kesepakatan yang menguntungkan dengan perusahaan Qatar, termasuk pengumuman pada bulan Maret dari perusahaan minyak dan gas milik negara QatarEnergy sebagai mitra turnamen.

Qatar Energy bergabung dengan Qatar Airways milik negara sebagai sponsor tingkat atas, dan perusahaan telekomunikasi Ooredoo yang 68% dimiliki oleh negara - disebut pada bulan yang sama sebagai “penyedia layanan konektivitas global resmi”.

Grup Qatari National Bank - yang dimiliki bersama oleh negara dan publik Qatar - adalah “pendukung resmi Timur Tengah dan Afrika” dan “Bank resmi Qatar” dari turnamen tersebut.

FIFA telah melakukan penghematan biaya yang besar dari penjadwalan turnamen pada dasarnya di satu kota. Kedelapan stadion Piala Dunia berada dalam radius 50 km dari Doha, yang memungkinkan penyelenggara untuk menggunakan satu set infrastruktur turnamen - termasuk fasilitas media dan hotel - dan mengurangi secara substansial biaya perjalanan yang menjadi tanggung jawab FIFA.

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dani Alves Ungkap Alasan Brasil Dikalahkan Kamerun

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:41 WIB

Pele Dilarikan ke Rumah Sakit, Terungkap Alasannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:11 WIB

Juara Tinju Dunia Ancam Lionel Messi, Mau Dihajar?

Senin, 28 November 2022 | 22:17 WIB

Terpopuler

X