Pesepakbola Skotlandia Dilarang Menyundul Bola Sebelum dan Sesudah Pertandingan, Begini Alasannya

- Senin, 28 November 2022 | 21:53 WIB
Ilustrasi menyundul bola. (Pixabay.com/KeithJJ)
Ilustrasi menyundul bola. (Pixabay.com/KeithJJ)

Kebaca.com - Pesepakbola profesional di Skotlandia akan dilarang menyundul bola sehari sebelum dan sehari setelah pertandingan setelah penelitian menunjukkan bagaimana hal itu dapat memengaruhi otak.

Klub juga disarankan untuk membatasi bola sundulan dalam latihan menjadi satu sesi dalam seminggu karena hubungan antara sundulan bola yang berulang dan kerusakan otak.

Panduan oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) muncul setelah sebuah studi penting mengungkapkan mantan pemain sepak bola profesional tiga setengah kali lebih mungkin menderita demensia dan penyakit saraf serius lainnya.

Panduan yang diperkenalkan pada hari Senin (28/11) akan segera berlaku, termasuk larangan latihan dengan menyundul bola berulang kali lebih dari sekali seminggu, dan sehari sebelum atau sesudah hari pertandingan, termasuk latihan umpan silang, penyelesaian dan bola mati.

Baca Juga: Federasi Sepak Bola Turki Kutuk Fans yang Menyerang Kiper Altay

Pada tahun 2020, SFA memimpin dalam melarang anak-anak di bawah usia 12 tahun menyundul bola dalam sesi latihan di tengah masalah kerusakan otak yang serupa, menjadikan Skotlandia negara Eropa pertama yang melakukannya.

Tahun lalu, klub-klub di sepak bola Inggris membatasi pesepakbola hingga 10 sundulan "berkekuatan lebih tinggi" seminggu dalam sesi pelatihan.

“Apa yang sudah kita ketahui tentang menyundul dan efeknya pada otak menunjukkan bahwa ada gangguan memori terukur yang berlangsung 24 hingga 48 jam setelah serangkaian sundulan dan bahwa protein yang berhubungan dengan otak dapat dideteksi dalam sampel darah untuk waktu yang singkat setelah menyundul,” kata dokter SFA John MacLean, dilansir Kebaca.com dari The Guardian.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi potensi efek kumulatif dari menyundul dengan mengurangi paparan keseluruhan terhadap menyundul dalam latihan,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Sumber: The Guardian

Tags

Terkini

Anaknya Ronaldinho Gabung ke Barcelona

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:57 WIB

Manchester United Resmikan Striker Asal Belanda

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:49 WIB

Dapat Tekanan di Everton, Begini Kata Frank Lampard

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:40 WIB

Bruno Fernandes Ungkap Keinginan Sebelum ...

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:32 WIB

Messi Gabung ke Klub Arab Saudi?

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:25 WIB

Inikah Sosok Striker Baru MU?

Jumat, 13 Januari 2023 | 19:28 WIB

Liga 2 Dihentikan! Begini Alasan PSSI

Jumat, 13 Januari 2023 | 19:02 WIB

Pemain Bayern Munich Ini Alami Masalah Jantung

Rabu, 11 Januari 2023 | 17:20 WIB
X