• Kamis, 30 Juni 2022

Penasaran dengan Harga Data Pribadi yang Dicuri dan Dijual ? Harganya Bikin Kaget

- Kamis, 16 Desember 2021 | 18:00 WIB
Ilustrasi perlindungan data pribadi. (pixabay.com)
Ilustrasi perlindungan data pribadi. (pixabay.com)

Kebaca.com - Pencurian data pribadi di zaman sekarang, menjadi kejahatan yang pasti sering kita dengar. Korbannya bukan hanya individu, tapi sampai menyasar ke perusahaan-perusahaan besar, bahkan sampai ke instansi pemerintah, seperti Polri dan BIN. Parahnya lagi, data orang-orang yang bekerja di lembaga keamanan bisa bocor dan diperjual belikan.

Berbagai trik dilakukan oleh para penjahat ini, untuk mengambil data pribadi orang lain. Seperti challenge yang baru-baru ini terjadi Instagram, dimana banyak pertanyaaan yang ditanyakan soal data pribadi lewat Instastory. Mulai dari kota tempat kita tinggal, foto di KTP, nama panggilan masa kecil dan area privasi lainnya.

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini hanya menjadi ajang seru-seruan. Tapi, tanpa sadar mereka sudah memberikan data pribadi mereka secara tidak sengaja kepada orang yang tidak mereka kenal. Alhasil, data pribadi yang berharga dan tidak boleh disebar, bisa didapatkan dengan mudah dan secara cuman-cuma.

Jual beli data pribadi di internet sudah pasti anda dengar. Misalnya dari dulu saja, ada data pribadi yang dijual untuk keperluan penjualan, seperti penawaran kartu kredit, saham sampai asuransi. Menjadi pertanyaan, berapa harga data pribadi yang dijual di luar sana ?

Jawabannya adalah murah sekali.

Baca Juga: Indomie Jadi Makanan Instan Terenak Dunia Versi LA Times, Sandiaga Uno Bangga Sekali

Data pribadi seperti nama, umur dan kota domisili hanya dijual sekitar Rp5. Harganya memang murah, tapi tidak sebanding dengan kerugian yang dialami oleh korban.

Ketika data pribadi berada di tangan orang jahat, maka data pribadi orang lain bisa disalah gunakan untuk alat kejahatan.

Mulai dari penipuan, pendaftaran aplikasi pinjol (pinjaman online), payment, pay later tanpa sepengetahuan orang yang datanya sudah dicuri dan dijual tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Hery Ardian

Sumber: Youtube Kok Bisa?

Tags

Terkini

X