• Sabtu, 10 Desember 2022

Sejarah Kelam Penemuan GPS (Global Positioning System )

- Rabu, 5 Januari 2022 | 15:29 WIB
GPS (PIXABAY/PhotoMix-Company)
GPS (PIXABAY/PhotoMix-Company)

Kebaca.com- Seberapa sering kamu menggunakan GPS? Tau gak sih GPS yang sering kamu gunakan ketika menggunakan layanan ojek online, melihat mana jalan yang paling cepat ke sekolah dan tempat kerja atau mencari lokasi di peta digital. Awalnya merupakan teknologi militer yang sangat rahasia.

Dan ternyata kemudahan kita untuk menggunakan GPS seperti sekarang merupakan pengorbanan 269 nyawa awak dan penumpang pesawat Korean Air Line yang ditembak jatuh di atas laut jepang.

Baca Juga: Apple Jadi Perusahaan Pertama yang Bernilai 3 Triliun Dolar AS Berkat iPhone

Apa sih sebenarnya GPS? Dan Mengapa hilangnya ratusan nyawa penumpang pesawat Air Line bisa membuat kita bebas mengakses teknologi rahasia militer ini seperti sekarang?

Simak jawabannya pada ulasan berikut ini:

Global Positioning System (GPS) merupakan suatu sistem radio navigasi penentuan posisi menggunakan satelit.

Sistem navigasi GPS pertama kali dirancang pada tahun 1970 oleh Departemen Pertahanan Militer Amerika Serikat. Di tahun 1974, satelit GPS pertama diluncurkan di Amerika, disusul oleh beberapa satelit di tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga: Perbedaan iPhone dan Android, Ini Tips Bagi yang Mau Beli HP

GPS bermula pada era perang dingin di tahun 1960-an ketika Amerika berpikir bagaimana caranya mereka bisa berperang dengan Uni Soviet yang wilayahnya dekat dengan kutub utara.

Halaman:

Editor: Mas Bro

Sumber: Nous.id

Tags

Terkini

Terpopuler

X